Kekuatan media sosial justru karena sifatnya yang maya

Media sosial sering dikritik karena sifatnya yang maya dimana identitas orang tidak ditampilkan secara utuh. Mengutip sebuah penelitian psikologi sosial, dalam artikel berikut saya memberikan argumen bahwa justru sifat maya tersebut dapat membantu pembentukan identitas kolektif yang sangat diperlukan oleh sebuah gerakan perubahan sosial. Saya menulis:

Ketika seluruh identitas individu tidak tersampaikan dengan jelas, seperti halnya ketika berinteraksi dalam dunia maya, maka identitas yang nampak hanyalah identitas yang relevan pada saat itu. Identitas-identitas lain yang bisa jadi berseberangan dengan identitas kolektif yang ingin dibangun jadi tidak terlihat.; karena keragaman identitas yang dimiliki individu tereduksi dalam dunia maya dan hanya identitas yang relevan dengan gerakan yang muncul maka identitas kolektif lebih mudah terbentuk.

 

Artikel lengkapnya ada di jakartabeat.net

One thought on “Kekuatan media sosial justru karena sifatnya yang maya

  1. dewasa ini memang tidak bisa dipungkiri media sosial sangat memberikan efek yang besar terhadap sesuatu permasalahan atau kritikan terhadap sesuatu yang dianggap keliru di kehidupan nyata.

Comments are closed.